Translate

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN PINRANG JL. BINTANG

Minggu, 08 November 2015

Pendaftaran #PilkadaSerentak Apps Challenge

Jakarta, kpu.go.idPilkada Serentak Apps Challenge merupakan perlombaan aplikasi yang diadakan oleh KPU RI dan Perludem dalam hal keterbukaan informasi mengenai data-data pemilu. Perlombaan ini dapat diikuti bagi siapa saja yang ingin menghasilkan karya aplikasi untuk membantu masyarakat dalam event pilkada serentak 2015 ini. Aplikasi yang dibuat harus berhubungan dengan Pilkada Serentak 2015.
Nominasi dan Kategori :
Umum - Setiap peserta akan memperebutkan juara 1,2 dan 3 dari aplikasi yang didaftarkan dalam apps challenge ini.
Kategori Tambahan - Selain nominasi umum/ juara 1,2,dan 3 peserta juga diperbolehkan membuat aplikasi khusus dari kategori yang telah ditentukan seperti :
- Kategori Female ( Apps Female adalah apps yang dikembangkan dari Developer Developer Wanita yang ingin membuat aplikasi bertema Pilkada 2015 )
- Kategori Disability ( Apps Disability adalah apps yang bisa membantu pengguna disabilityuntuk mengenal Paslon, selain itu Apps Disability juga termasuk peserta Disability yang ingin ikut serta dalam Apps Challenge )
-Kategori Digitalisasi Scan C1 (Kategori ini adalah kategori yang ditujukan untuk kepentingan crowd sourcing khususnya verifikasi hasil Pilkada. Melihat dari best practice yang dilakukan oleh Kawal Pemilu sebelumnya. KPU bersama Perludem dan Code4Nation mengajukan kategori khusus yaitu aplikasi untuk membantu KPU mendigitalisasi data hasilscan C1 dari setiap TPS. Aplikasi ini  juga membantu masyarakat  dalam memverifikasi hasil digitalisasi apakah sudah benar atau salah dan jika salah bagaimana masyarakat dapat berkontribusi untuk melakukan revisinya.nya. 
Data Data Pilkada sudah tersedia dalam format API (Application Programming Interface) yang bisa kamu akses dihalaman http://developer.pemiluapi.org/ untuk keperluan pembuatan aplikasi, selain menggunakan api, kamu juga bisa menggunakan file csv dari halaman https://github.com/pemiluAPI/pemilu-data/tree/master/pilkada2015-data-calon
Kamu juga bisa mengirimkan Aplikasi Lebih dari 1, namun pemenang hanya bisa dari 1 tim/individu dari aplikasi yang dikirimkan.

Bahasa Pemrograman dan Software yang digunakan bebas, Selain bisa mengembangkan untuk salah satu dari ke-empat platform yang kita punya, kamu juga bisa mengembangkan untuk multiplatform dan itu nilai plus bagi Aplikasi yang dibuat.

Platform Platformnya adalah :
1. Website - untuk website kamu bisa bikin pakai domain kamu sendiri, kalau belum bisa pakai subdomain teman atau bisa pakai hosting gratis. bahasa pemrograman dari website bebas asal bisa diakses pada saat penjurian dan proses seleksi.
2. Desktop - Desktop programming adalah aplikasi yang di execute / dijalankan di windows. kamu bisa pakai bahasa pemrograman apa saja bebas dan tool yang digunakan juga bebas asal bisa didownload dan dijalankan pada saat penjurian dan proses seleksi nanti.
3. Android - Aplikasi Mobile yang satu ini kamu tidak perlu upload di Google Play, cukup diupload di google drive atau dropbox atau cloud hosting lainnya nanti kita download dan coba di saat seleksi. bahasa yang kamu pakai dan software yang digunakan untuk membuat aplikasi ini juga bebas.
4. IOS - Aplikasi ini juga sama syarat dan ketentuan seperti Android, bahasa pemrograman bebas. namun kalau misalkan juri atau penyeleksi tidak bisa menginstall di gadget mereka, mohon bisa disertakan videonya juga mungkin di screenshoot.
Peserta dalam event ini tidak harus berasal dari satu wilayah saja, Bahkan dari Seluruh Indonesia bisa mendaftarkan aplikasinya bertema Pilkada Serentak.

Sebelum itu, kamu bisa daftar dulu di Form Pendaftaran peserta kami paling lambat 6 November 2015 pukul 12:00 WIB. Kemudian, untuk aplikasi yang masuk 50 besar akan diumumkan di website www.kpu.go.idwww.perludem.orgwww.rumahpemilu.org pada tanggal 7  November 2015 pukul 10:00 WIB . Selanjutnya tahap penjurian akan dilaksanakan di KPU RI Jakarta pada tanggal 8 november 2015

Total Hadiah dari Perlombaan ini mencapai 50 Juta Rupiah dibagi 6 pemenang dari Tim / Individu, 5 pemenang diambil dari Setiap nominasi juara 1,2, dan 3 ditambah 3 kategori khusus yaitu kategori  perempuan, disabilitas, dan digitalisasi scan C1.
Jadi Tunggu Apalagi, Daftar dan menangkan hadiahnya
Kalau ada yang ingin kamu tanyakan, kamu bisa kontak ke :
Diah Setiawaty : 081284801730
Email : diah.perludem@gmail.com
Sebastian Vishnu : 081282344619
Email : vanschaiksebastian@gmail.com

0 komentar: