Translate

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN PINRANG JL. BINTANG

Jumat, 28 Februari 2014

KPU KAMPANYEKAN GERAKAN TOLAK GOLPUT

Komisi Pemilihan Umum di seluruh Indonesia akan menggelar Jalan Sehat Menyongsong Pemilu 2014 secara serentak dan dalam waktu bersamaan pada tanggal 9 Maret 2014 mendatang. Kegiatan ini bertujuan untuk membumikan hari pemungutan suara Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD pada tanggal 9 April 2014 dan sekaligus mengkampanyekan Gerakan Tolak Golput.

Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Rizkiyansyah di kantor KPU, Selasa (25/2) menegaskan kegiatan jalan sehat menyongsong Pemilu 2014 merupakan bagian dari sosialisasi pelaksanaan pemungutan suara pada 9 April 2014. KPU kata Ferry, penting memastikan semua warga Negara Indonesia (WNI) yang memilih hak pilih sudah mengetahui hari dan tanggal pemungutan suara.

“Partisipasi pemilih sudah kita targetkan 75 persen. Karena itu, harus ada upaya maksimal untuk memastikan pemilih sudah mengetahui hari dan tanggal pemungutan suara. Jalan sehat ini merupakan gerakan untuk membumikan pelaksanaan Pemilu 2014 di seluruh pelosok negeri,” ujarnya.

KPU RI, lanjut Ferry, sudah mengeluarkan surat edaran Nomor 86/KPU/II/2014 tentang Pelaksanaan Gerak Jalan dan Kirab Pemilu 2014. Untuk kegiatan jalan sehat di tingkat pusat, pesertanya berjumlah 10 ribu orang, untuk tingkat provinsi 5000 orang dan Kabupaten/Kota pesertanya berjumlah 1500 orang. “Jadi total peserta kegiatan jalan sehat dan gerakan tolak Golput ini sebanyak 920.500 orang,” ujarnya.

Untuk tingkat pusat, terang Ferry, acara jalan sehat akan digelar di Silang Monas dengan rute sepanjang 5 kilometer mulai dari Monas-Jalan Medan Merdeka-Jalan MH Thamrin-Bundaran HotelIndonesia sampai garis finis di Monas. KPU kata Ferry menggandeng sejumlah yayasan, komunitas, organisasi dan sejumlah radio di Jakarta untuk menyukseskan acara tersebut.

Ada Yayasan Jantung Indonesia, Yayasan Kanker Indonesia dan Gerakan Pramuka. Tak ketinggalan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia dan berbagai organisasi kemasyarakatan lainnya. “Penyandang disabilitas ini menjadi perhatian kita. Dalam kegiatan apapun mereka harus kita ajak untuk berpartisipasi. Hak-hak politik mereka harus terlayani dengan baik sama dengan warga Negara Indonesia yang lainnya,” ujar Ferry.

Kegiatan jalan sehat ini juga mengundang partai politik peserta Pemilu. Bagaimanapun, kata Ferry, sukses tidaknya penyelenggaraan Pemilu, tidak hanya ditentukan kinerja penyelenggara Pemilu, tetapi semua komponen bangsa memiliki tanggung jawab serupa. “Kami mengajak semua elemen bangsa untuk menyukseskan Pemilu dengan cara datang ke TPS pada tanggal 9 April 2014. Gunakan hak pilih Anda dengan benar,” ujarnya.

Selain gerakan jalan sehat, pada tanggal 15 Maret, KPU akan menggelar Kirab Kampanye Damai dan Deklarasi Kampanye Damai 2014. Pembacaan deklarasi kampanye damai Pemilu 2014 oleh Ketua KPU RI. Sementara penandatanganan prasasti kampanye damai Pemilu 2014 oleh Ketua Umum 15 Partai Politik Peserta Pemilu 2014.

Kegiatan jalan sehat dan kirab Pemilu akan dimeriahkan sejumlah artis untuk menghibur peserta. KPU ingin menyampaikan pesan kepada publik bahwa Pemilu bukan sesuatu yang menakutkan. Ibarat pesta, Pemilu harus mampu menghadirkan suasana bahagia, aman, dan nyaman bagi semua komponen yang terlibat di dalamnya.

Sumber : www.kpu.go.id

0 komentar: