Translate

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN PINRANG JL. BINTANG

Minggu, 26 Januari 2014

SIMULASI PENGAMANAN PEMILU 2014

PINRANG --- Dalam rangka mengantisipasi pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) khususnya Pemilu Caleg yang rencananya berlangsung pada 9 April 2014 mendatang, anggota Kepolisian Resort (Polres) Pinrang sudah melakukan berbagai persiapan. Termasuk kegiatan simulasi pengamanan Pemilu 2014. Kegiatan simulasi ini sudah dilaksanakan selama dua hari di halaman Mapolres Pinrang, Selasa pagi (21/1).

Wakapolres Pinrang, Kompol Hj Tridini, mengakui, salah satu bentuk antisipasi pengamanan Pemilu 2014, pihaknya melakukan simulasi kemampuan personel, peralatan, dan sistem yang digunakan dalam bertugas. Dalam simulasi tersebut, lanjut mantan Wakapolres Enrekang ini, dipraktekkan berbagai bentuk pengamanan Pemilu 2014.

Misalnya, bagaimana petugas bertindak cepat dan tidak memancing suasana tidak kondusif. Dengan simulasi seperti ini, petugas mampu memberikan pelayanan, baik itu kepada penyelenggara pemilu maupun masyarakat Kabupaten Pinrang. Sejumlah hal yang perlu diwaspadai dalam pemilihan umum, di antaranya bagaimana mengamankan pelaksanaan pencobloasan di TPS dan KPPS, menghadapi demonstrasi yang bakal muncul, dan sejumlah tugas lainnya dipraktekkan di simulasi ini.

''Konsepnya adalah pencegahan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti terkait gangguan-gangguan jalannya pemilu,'' katanya. Diungkapkan, jumlah personel kepolisian yang mendapat tugas melakukan pengamanan Pemilu 2014 di Kabupaten Pinrang sebanyak ratusan personel. Dalam melakukan pengamanan, pihaknya telah berkejasama dengan pihak terkait. Misalnya pihak TNI dan unsur pengamanan lainnya.

Dalam simulasi pengamanan Pemilu 2014, anggota kepolisian yang bertugas sesuai lokasinya. Ada yang bertindak KPPS, pasukan lain yang menunjukkan pengamanan saat menghadapi kerusuhan. Beberapa polisi yang bertugas mengawal kotak suara dan bagaimana menghadapi para perusuh yang ingin mencoba merusak dan memaksa merusak kotak suara dan alat lainnya. Termasuk melakukan pengamanan ketat di kantor KPUD Pinrang.

''Kegiatan simulasi ini, nantinya akan kami diperlihat dan dipertontonkan di hadapan Petinggi Polda Sulselbar yang menurut rencana akan datang di Kabupaten Pinrang pada Kamis besok (hari ini, Red),'' kata Kompol Tridini.

0 komentar: